93.8 FM - www.gefm-madiun.com || Ge FM Streaming || Musik dan Informasi Madiun Raya

Dalami Desa Wisata Disparpora Kabupaten Madiun Jalin Kerjasama Dengan ISI Yogyakarta

Madiun -- Pemerintah Kabupaten Madiun terus berinovasi dalam pengembangan wisata, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (...

Madiun -- Pemerintah Kabupaten Madiun terus berinovasi dalam pengembangan wisata, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mulai 13 - 15 Agustus 2024 melaksanakan kegiatan pendalaman untuk desa wisata yang menang pada Kabupaten Madiun Tourism Award dan Anugerah Desa Wisata Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 
Mokh. Hamzah Nugrohanto Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disparpora Kabupaten Madiun mengatakan pendalaman tersebut dilaksanakan di Yogyakarta dengan peserta sebanyak 8 Desa wisata di Kabupaten Madiun yang beberapa lalu menang di kedua event tersebut.
Pertama Kabupaten Madiun Tourisem Award (MATA), yang kedua Anugrah Desa wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). "Ada dua pembelajaran yang dilaksanakan oleh para peserta diantaranya terkait dengan pembelajaran dan pengembangan ekonomi kreatif, kegiatannya dilaksanakan di Art Jog dan JNM Blok Yogyakarta", ujar Hamzah kepada wartawan, Kamis (29/08/2024).
Pada pendalaman ekonomi kreatif tersebut para peserta melakukan pengamatan dan juga sesi diskusi dengan pengelola Art Jog dan JNM Blok yang ada di Yogyakarta. Hamzah menambahkan hal yang ingin di dapat dari kegiatan ini yakni peserta bisa mendapatkan formulasi untuk mengembangkan ekonomi kreatif yang ada di desanya.
"Pembelajaran kedua belajar terkait dengan tata kelola desa wisata yang ada di Desa Wisata Wanurejo Magelang dengan destinasi utamanya yaitu rafting di Sungai Elo", tambahnya.
Pada sisi pembelajaran tersebut para peserta juga melakukan pengamatan serta diskusi terkait yang ada di desa wisata tersebut. 
"Desa Wisata Wanurejo adalah pemenang ADWI 2024, sama posisinya seperti Gunungsari sebagai pemenang ADWI 2024 Juga", jelasnya.

Penandatanganan MOU antara Disparpora Kabupaten Madiun dengan ISI Yogyakarta 

Peserta belajar terkait dengan tata kelola yang berhubungan antara pengelola desa wisata, pokdarwis dan juga peran dari pemerintah Desa lewat Bumdes dan pembelajaran yang kedua para peserta dapat lebih mengoptimalkan tata kelola yang ada di desa wisata tersebut dengan menggunakan jejaring-jejaring yang ada di desa tersebut. Selain dua agenda tersebut pemerintah kabupaten Madiun juga melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Penandatanganan tersebut dilakukan antara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dengan tiga Dekan ISI.
Harapannya Kabupaten Madiun melalui Disparpora dapat memberikan pendampingan-pendampingan yang sejalan dengan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Madiun.
Perlu diketahui jumlah peserta 8 dari desa wisata tersebut masing masing desa mengirimkan 3 perwakilanya ditambah dengan beberapa perangkat desa dari masing-masing desa wisata.

COMMENTS

Dibaca :

Nama

Aston dan Favehotel Madiun,1,ATR/BPN,2,Bojonegoro,1,BPJS Kesehatan,6,BPN/ATR,1,Dewan,1,DPRD Kabupaten Magetan,1,DPRD Ponorogo,1,Event,1,Headline,5,HOTEL,9,HPN,2,HPN 2024,1,INKA,1,Jakarta,2,JKN,1,Kabupaten Madiun,17,Kabupaten Magetan,10,Kabupaten Ngawi,1,Kabupaten Ponorogo,8,KAI,18,Kementerian ATR/BPN,1,Keuangan,1,Kodim 0802/Ponorogo,4,Kota Madiun,23,Lakalantas,1,Magetan,6,Megaten,1,Mudik,2,Mudik Lebaran,1,Nasional,5,OJK,2,Parlemen,1,Pemilu Damai,1,Pemkab Madiun,3,Pemkab Magetan,2,Pemkot Madiun,4,PENDIDIKAN,2,Peristiwa,1,Pilkada,1,PLN Icon Plus,3,Polres Kota Madiun,2,POLRES MADIUN KOTA,3,Polres Magetan,2,Polri,11,Ponorogo,9,Provider,1,SMKN1 Magetan,1,TNI,32,TNI/POLRI,2,Walikota,1,
ltr
item
Ge FM Madiun: Dalami Desa Wisata Disparpora Kabupaten Madiun Jalin Kerjasama Dengan ISI Yogyakarta
Dalami Desa Wisata Disparpora Kabupaten Madiun Jalin Kerjasama Dengan ISI Yogyakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj1_RjmGMlIEtGvpQHg0EPjzTBHo8p49yAVZzzu-AJLLoeaCy2G7t8Cb5UUQhamjg3k1bUMWvCjMi4DWXRABIgqPIA7-Rw89MscxCrLVqvrPugQnsC8_r9j00pXFT2jDV2O5Z3pc9DOTON1392JeHkOxulAabpI2MG0JwFRdYeO1Rt9MRrwGqRnHB-nOlc=w640-h379
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj1_RjmGMlIEtGvpQHg0EPjzTBHo8p49yAVZzzu-AJLLoeaCy2G7t8Cb5UUQhamjg3k1bUMWvCjMi4DWXRABIgqPIA7-Rw89MscxCrLVqvrPugQnsC8_r9j00pXFT2jDV2O5Z3pc9DOTON1392JeHkOxulAabpI2MG0JwFRdYeO1Rt9MRrwGqRnHB-nOlc=s72-w640-c-h379
Ge FM Madiun
https://www.gefm-madiun.com/2024/08/kembangkan-desa-wisata-disparpora.html
https://www.gefm-madiun.com/
https://www.gefm-madiun.com/
https://www.gefm-madiun.com/2024/08/kembangkan-desa-wisata-disparpora.html
true
6856358519101571713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy